oleh

Pesantren Ramadhan di SMA N 5 Palembang Buat Siswa Untuk Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

 

Silampari Online,

Palembang – Pembukaan pesantren Ramadhan 1442 H SMA Negeri 5 Palembang diselenggarakan di Aula SMA Negeri 5 Palembang, Kamis (29/4/2021).

Pesantren Ramadhan ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Najib dengan pemukulan gong. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Pahlvi, Ketua MKKS SMA Negeri Provinsi Sumsel Moses Ahmad dan tamu undangan lainnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Najib mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan ini sudah seizin dari orangtua siswa atau para wali murid SMA Negeri 5 dengan disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Ini salah satu upaya juga untuk melatih anak-anak kita agar tetap patuh terhadap prokes disamping itu juga mengambil makna hikmah bulan Ramadhan yakni bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh pengampunan untuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam menghadapi pandemi. Kita berdoa semoga Covid-19 ini cepat berakhir. Disamping itu juga kita memberi bantuan terhadap orang-orang dhuafa,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan oleh karena itu pelaksanaan ini adalah berkat upaya kita mendorong, mengingatkan, mendisiplinkan anak-anak kita ini beraktivitas dengan tetap disiplin prokes.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Pahlvi menambahkan kegiatan ini kami berikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena dari sebanyak SMA yang ada baru SMA Negeri 5 yang telah mengadakan pesantren Ramadhan.

“Ini terlaksana berkat rukun, kompak, dan kebersamaan (RKK) yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 5. Dengan RKK inilah ujung tombak kita untuk bersatu padu. Mudah-mudahan cita-cita dan visi misi dari gubernur Sumsel maju untuk semua mudah akan kita capai kalau kita semua kompak,” ujarnya.

Ia menambahkan, di bulan barokah ini SMA Negeri 5 selain rukun, kompak dan kebersamaan di mulai dari kepsek, wakil kepsek, guru, siswa dan TU, apapun yang dilakukan itu ikhlas.

“Dan disini mereka melakukan sesuatu kegiatan itu betul-betul ikhlas. Di bulan yang penuh barokah ini selain mempunyai integritas kemudian koordinasinya berjalan. Selanjutnya di dibulan barokah ini literasi untuk lantunan al-Quran itu kembangkanlah di SMA Negeri 5. Kemudian Akhlak budi pekerti, lalu perbanyak silaturahmi,” tutupnya.

Ditempat terpisah, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Drs. Taufik, M.Si mengatakan pelaksanaan pesantren Ramadhan ini dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti oleh siswa SMA Negeri 5. Selain pesantren Ramadhan kami juga membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan yang dilakukan oleh OSIS dan darma wanita.

“Kegiatan pesantren Ramadhan ini kami laksanakan setiap tahun. Yang mengikuti pesantren ini yakni siswa dari kelas 10 dan kelas 11. Jumlah peserta dibatasi perhari 100 siswa. Sebelum pelaksanaan kegiatan ini kami meminta izin kepada orangtua murid, ada yang setuju dan juga ada yang tidak setuju. Yang setuju anaknya ikut dikegiatan ini kalau yang tidak setuju tidak apa-apa,” ujarnya.

Kami berharap setelah mengikuti pesantren Ramadhan ini perilaku siswa menjadi baik lagi, karena akhir-akhir ini perilaku anak-anak muda menurun karena rendahnya nilai-nilai keagamaannya, tutupnya. (vin)

Komentar

News Feed